Subscribe Us

Selamat Datang Di Dharmaduta Inspiratif : https://www.damaduta.net

Nilai Penting Dalam 7 Minggu Pasca Mencapai Kebuddhaan

Buddha mengakui bahwa pengembaraan-pengembaraannya yang lampau dalam kehidupan yang membawa penderitaan, adalah suatu kenyataan. Hal ini dengan jelas membuktikan tentang tumimbal lahir. Beliau mengembara berusaha mencari obat untuk mengobati penderitaan manusia dan sebagai akibatnya Beliau menderita. Selama Beliau tidak dapat menemukan arsitek yang membangun rumah ini (tubuh), tidak mungkin melenyapkan penderitaan. Beliau melakukan pengembaraan, setelah proses pencarian penyebab penderitaan tidak berhasil. Akhirnya, beliau menemukan penyebab penderitaan yaitu arsitek bangunan “rumah” yang sulit ditangkap ini. Arsitek itu tidak terletak di luar tubuh tetapi di dalam lubuk hati sendiri. Arsitek ini berupa nafsu keinginan atau kemelekatan, pencipta diri, unsur mental yang tersembunyi dalam semua makhluk. Bagaimana dan kapan asal nafsu keinginan ini sulit untuk dapat dipahami. Apa yang diciptakan oleh diri sendiri, maka oleh diri sendiri pula ciptaan itu dapat dihancurkan. Penemuan ini akan menghasilkan pemberantasan nafsu keinginan untuk pencapaian keadaan arahat, yang disebut sebagai ‘akhir dari nafsu keinginan.

Atap rumah ciptaan sendiri ini adalah kegemaran (kilesa) seperti kemelekatan/keserakahan (lobha), kebencian (dosa), khayalan/kebodohan (moha), kesombongan (mana), pandangan-pandangan salah (ditthi), keragu-raguan (vicikiccha), kemalasan (thina), kegelisahan (uddhacca), moral yang tidak takut malu (ahirika), moral yang tidak takut (anottappa). Penyangsa yang menunjang atap melambangkan kebodohan, akar penyebab semua nafsu keinginan. Kehancuran dari kebodohan dengan kebijaksanaan akan mengakibatkan penghancuran total dari rumah itu. Tiang belandar penyangga dan atap adalah bahan yang diperlukan oleh arsitek untuk membangun rumah yang tidak diinginkan ini. Dengan perusakan mereka, arsitek kehilangan bahan-bahan untuk membangun rumah yang tidak diinginkan ini.

Dengan penghancuran semua ini maka pikiran yang sulit dikendalikan mencapai keadaan tanpa kondisi, yaitu Nibbana. Apapun yang bersifat keduniawian itu ditinggalkan, dan hanya keadaan yang bersifat di luar keduniawian, Nibbana yang kekal.

Sebagai penghargaan terhadap pohon Bodhi yang sudah menaungi Bodhisattva Pangeran Sidharta selama duduk bermeditasi sampai Beliau memperoleh penerangan sempurna, maka umat Buddha sampai sekarang menghargai pohon Bodhi. Kalau batin kita teguh maka segala godaan akan dapat dihindari. Kita harus berlatih mengendalikan pikiran dan membersihkan batin sehingga kita mampu menghalau segala bentuk godaan. Buddha sudah menemukan arti kebahagiaan sejati. Kebahagiaan itu dapat dicapai kalau kita tidak melekat pada keinginan dan mampu melenyapkan nafsu keinginan tidak baik. Kebahagiaan abadi ini disebut Nibbana atau Nirvana.