Pancadhamma adalah lima macam Dhamma yang bagus, yang merupakan bahan untuk
mentaati pancasila yaitu:
- Mettā-karunā; cintakasih dan welas asih terhadap semua makhluk hidup. Dhamma pertama ini terkait dengan sila pertama Pancasila Buddhis. Seseorang dapat melaksanakan metta-karuna dengan baik, maka ia akan dapat melaksanakan sila pertama dari Pancasila Buddhis dengan baik.
- Sammā-Âjiva; Pencaharian benar, merupakan mata pencaharian benar, maksudnya adalah mencari penghidupan dengan cara yang baik, yaitu: Pertama, tidak mengakibatkan pembunuhan. Kedua, wajar, baik, dan benar (bukan hasil dari mencuri, merampok, atau mencopet). Ketiga, tidak berdasarkan penipuan. Keempat, tidak berdasarkan ilmu yang salah, seperti meramal, perdukunan, dan lain-lain. Kalau kita dapat melaksanakan dhamma kedua ini dengan baik, maka kita akan dapat melaksanakan sila yang kedua dari Pancasila Buddhis. Dhamma kedua ini terkait dengan sila kedua dari Pancasila Buddhis.
- Kāmasamvara: penahanan diri terhadap nafsu indria. Dhamma ketiga ini terkait dengan sila ketiga Pancasila Buddhis.
- Sacca: kebenaran, benar dalam perbuatan, ucapan dan pikiran Dhamma keempat ini terkait dengan sila keempat dari pancasila.
- Sati-sampajañña: kesadaran benar. Dhamma kelima ini terkait dengan sila kelima dari Pancasila Buddhis.
Pancadhamma merupakan wujud penerapan nyata pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari. Jika seseorang dapat melaksanakan metta karuna dengan baik, maka ia akan dapat melaksanakan sila pertama dari Pancasila Buddhis dengan baik. Apabila kita dapat melaksanakan dhamma kedua (mata pencaharian benar atau penghidupan dengan cara yang wajar) dengan baik, kita akan dapat melaksanakan sila yang kedua dari Pancasila Buddhis.
Apabila kita merasa puas dengan
apa yang dimiliki sekarang, maka kita dapat melaksanakan sila ketiga dari
Pancasila Buddhis. Kalau kita dapat menunjukkan kebenaran atau kejujuran dalam
hal berbicara maka kita dapat melaksanakan sila keempat dari Pancasila Buddhis.
Apabila kita ingat dan waspada dan selalu ingat pada jenisjenis makanan dan
minuman yang dapat menimbulkan lemahnya kewaspadaan maka kita tidak akan
terjerat oleh semua itu. Dengan selalu ingat dan kewaspadaan, kita tidak akan tergiur
oleh lingkungan atau bujukan teman-teman kita untuk mengkonsumsinya, maka kita akan
dapat melaksanakan sila kelima dari pancasila Buddhis.
Berdasarkan uraian di atas
jelaslah bagi kita bahwa Pancadhamma adalah pelaksanaan dari perbuatan yang
baik dan untuk mengembangkan perbuatan baik.